Catatan Hitam AFF Suzuki Cup 2012

AFF Suzuki Cup,merupakan event 2 tahunan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat ASEAN,termasuk Indonesia.AFF Suzuki Cup 2012 merupakan catatan hitam bagi Indonesia,dualisme lah penyebab utamanya.Perseteruan antara PSSI dan KPSI yang tak kunjung berakhir membuat Indonesia mengirimkan pemain ”seadanya” pada AFF Cup kali ini.Ditahan imbang Laos 2-2,menang 1-0 atas Singapura,dan kalah oleh tuan rumah Malaysia 2-0 jelas tak membuat Indonesia lolos fase penyisihan grup hanya dengan memperoleh poin 4.
Kegagalan Indonesia pada AFF Cup kali ini jelas membuat masyarakat Indonesia benar-benar kecewa tiada habisnya.Menurut pendapat saya,ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan timnas Indonesia dan akan saya bahas pada postingan kali ini.Berikut diantaranya :
A. KPSI melarang pemain ISL untuk membela timnas.
Hal ini mengakibatkan kekuatan Indonesia bisa dibilang lemah,karena kekuatan timnas Indonesia sebenarnya memang ada di ISL.
B. Kartu merah Endra Prasetya.
Pertandingan perdana timnas di piala AFF Suzuki Cup 2012 diwarnai sebuah tragedi kartu merah Endra Prasetya,kiper timnas saat itu.Tragedi ini menurunkan mental timnas,para pemain terlihat kurang percaya diri setelah tragedi ini,timnas yang awal mulanya bermain menekan dan terus menekan,peluang yang terus mengalir mulai hilang.Pasalnya,Indonesia hanya mempunyai 1 kiper cadangan,Wahyu Tri Nugroho.Selain itu,timnas juga harus bermain dengan 10 orang pemain+harus kebobolan 1 goal dari titik 12 pas.Andai pada pertandingan tersebut tak diwarnai tragedi ini,mungkin Indonesia bisa memenangkan pertandingan dan menjaga peluang lolos fase penyisihan.
C. Tidak dimainkannya Endra Prasetya saat melawan Malaysia.
Saat pertandingan hidup mati melawan Malaysia,Nil Maizar lebih mempercayai Wahyu T. N. sebagai kiper.Padahal,masa hukuman Endra Prasetya sudah berakhir,tapi entah apa alasannya.Yang jelas ini membuat pertahanan Indonesia sedikit lemah.Dan terbukti,Indonesia kebobolan 2 goal dengan selang waktu yang tidak lama.
D. Suporter Malaysia.
Faktor lain juga datan dari suporter,pemain ke-12 sebuah tim.Namun,suporter Malaysia bisa dibilang pemain ke-12,ke-13,ke-14,dst.Mereka yang terus mencaci timnas tiada henti membuat mental pemain kita semakin terpuruk.
E. Hujan yang terus mengguyur stadion Bukit Jalil.

Siapa tahu cerita apa yang akan terjadi dalam sepakbola,yang jelas bola itu bundar.Mungkin macan Asia yang dulu mengaung dengan kerasnya,kini tengah tertidur pulas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s